Profil Timnas Belanda Piala Eropa (Euro) 2012

Skuad Belanda Euro 2012
Profil Timnas Belanda Piala Eropa (Euro) 2012 – Tak pernah kehabisan stok pemain kelas dunia. Yang mengherankan, sepanjang orang mengagumi kehebatan negara ini di cabang sepakbola, kenyataannya Belanda baru satu kali memenangi turnamen besar, yakni Piala Eropa 1988.

Sejak tercetus pertama kali di era 70-an, sampai sekarang orang selalu menanti-nantikan keindahan sebuah Total Football. Plus, kini fans dan pengagum mereka selalu berharap “Singa Oranye” bisa jadi juara lagi.

Dua tahun lalu, di Piala Dunia di Afrika Selatan, Belanda sudah sangat nyaris memenangi trofi keduanya ketika berhasil menembus babak final. Namun saat itu mereka pun harus bertemu negara yang sedang sangat berjaya, Spanyol.

Mereka kalah 0-1 dalam pertarungan yang memakan waktu 120 menit, kandas oleh gol Andres Iniesta di menit 116. Alhasil, seperti juga di Piala Dunia 1974 dan 1978, Belanda harus puas sebagai runner up.

Pasca Piala Dunia, Belanda berhasil menjaga konsistensi permainannya. Pelatih Bert van Marwijk, yang menggantikan Marco van Basten seusai Piala Eropa 2008, memimpin pasukannya tampil nyaris sempurna di babak kualifikasi. Kesempurnaan itu buyar ketika Belanda malah kalah di pertandingan terakhir, 2-3 dari tuan rumah Swedia.

Beberapa pilar mereka dalam kondisi permainan yang gemilang di musim ini bersama klubnya masing-masing, seperti Robin van Persie (Arsenal), Klaas-Jan Huntelaar (Schalke 04), Arjen Robben (Bayern Munich), dan Gregory van der Wiel (Ajax Amsterdam).

Bintang-bintang lain seperti Wesley Sneijder (Inter), Maarten Stekelenburg (AS Roma), Rafael van der Vaart (Tottenham Hotspur), Nigel de Jong (Manchester City), Dirk Kuyt (Liverpool) , Joris Mathijsen (Malaga), dan kapten Mark van Bommel (AC Milan) semakin matang dalam performanya.

Dengan skuad yang berkelas, pelatih piawai, dan reputasi menjulang, Belanda akan selalu disegani dan masuk daftar favorit juara di setiap turnamen yang mereka ikuti, termasuk Euro tahun ini. Kans itu bisa lebih besar lagi apabila mereka bisa lolos dari grup neraka dalam persaingan dengan Jerman, Portugal, dan Denmark.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Sepak Bola. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s